Recents in Beach

Menulis Skripsi, Hindari Beberapa Hal Ini Agar Tidak Menyesal

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas 5 hal yang harus dihindari dalam penulisan skripsi. Apakah Dalam 5 hal tersebut kemudian nilai apa yang dapat dikembangkan dan bermanfaat. Kembali kepada  kelima Hal ini sama-sama penting bahkan yang paling terakhir nanti itu terkesan sepi ini tapi sebenarnya itu nampaknya penting.

Membuat Skripsi, Hindari Beberapa Hal Ini


1. Jangan Pakai Jasa Joki Skripsi

Oleh karena itu silahkan baca tulisan ini dari awal sampai akhir. Kita masuk yang pertama teman-teman jangan pernah menggunakan joki untuk mengerjakan skripsi atau dalam bahasa lain Jangan pernah anda menempah skripsi. Alasannya sederhana. Bahwa yang namanya joki skripsi adalah motivasinya uang.

Bagaimana kualitas daripada skripsi yang dia buat itu? Bagaimana supaya cepat selesai? Apakah skripsi itu dikerjakan dengan mematuhi yang namanya kaidah-kaidah termasuk dengan masalah plagiarisme copy paste dan segala macamnya? Selain itu menyerahkan penulisan skripsi Anda kepada joki anda itu menjadi dua kali bekerja.

Anda harus membayar si Joki. Lalu anda akan menghadapi ujian skripsi di Universitas akan ujian juga ada. Pada sidang Meja hijau atau di beberapa kampus disebut dengan pendadaran. Untuk menghadapi ujian-ujian ini kan Anda harus mempelajari kembali skripsi yang dibuat oleh anda kerjakan sendiri.

Kemudian kita dengan itu wawasan kita bertambah prosesnya kita nikmati. Bagaimana prosesnya kita nikmati maka juga rasanya yang pertama tadi jangan pernah Anda kepada joki.

2. Hindari Menggunakan Referensi dari Sumber yang tidak Jelas

Kemudian yang kedua adalah yang harus anda hindari dalam menulis skripsi menggunakan referensi dari blog gratisan ini akan menjadi beban bagi anda tapi kenapa Saya menyarankan supaya Anda menghindari ini yang namanya blog gratisan itu kan dibuat tanpa modal mungkin yang kedua dan ilmiah tulisan-tulisan yang ada didalamnya juga tidak terlalu bagus. Blog gratisan itu ukuran itu serius atau tidak makanya kemudian saran saya ya hindarilah membuat referensi atau mengambil referensi dari blog gratisan. Sangat gampang untuk mencari sumber referensi di internet Silakan masuk ke Google Scholar kemudian apaan bahan yang anda butuhkan tinggal download dan selesai.

3. Hindari Mengarang Data (Memalsukan Data)

Kemudian hal yang harus dihindari adalah menggunakan data palsu. Kenapa? Karena pada penelitian itu ada dua masalah yag sering dihadapi. Yang pertama mahasiswa itu menggunakan data palsu karena bisa saja dia enggan atau malas untuk turun ke lapangan mencari data. Jadi dia karang-karang saja datanya ya pas tanda tangan dan segala macam ia buat surat balasan dari tempat penelitian ke kampus itu bisa saja.

Kemudian yang kedua ya seorang mahasiswa ataupun peneliti menggunakan data untuk mendukung yang namanya hipotesanya biasanya teman-teman. Ketika seseorang peneliti turun ke lapangan ternyata data yang didapatkan berbeda dari pengumpulan data-data tersebut supaya sesuai dengan hasilnya.

Supaya tidak bekerja dua kali untuk menganalisis data tersebut di era digital sekarang di era internet sekarang yang namanya karya tulis ilmiah yaitu skripsi tesis dan disertasi dimasukkan oleh universitas website kampus. Artinya setiap penelitian yang kita lakukan itu gampang atau mudah di akses oleh publik kalau misalnya suatu saat tadi kemudian dibaca oleh orang-orang yang terkait dengan data tersebut melakukan wawancara ke satu daerah dan anda itu Anda mengatakan melakukan wawancara dengan kepala desa.

Kemudian beberapa saat setelah Anda lulus dari Universitas, kepala desa yang anda jadikan sebagai narasumber tadi membaca dan dia akan terkejut. Padahal dia merasa bahwa anda tidak pernah mewawancarainya. Mungkin dia akan protes ke kampus atau mempertanyakan kepada Anda atau bahkan misalnya kalau hasil penelitian anda itu merugikan dia, Anda bisa saja digunakan oleh sumber data palsu yang anda buat di dalam.

4. No Copy-Paste / Plagiarisme (Tanpa Mengutip Sumber)

Yang harus anda hindari dalam skripsi adalah melakukan tindakan plagiarisme atau karya orang lain. Plagiat itu adalah mengaku itu menjadi karya kita atau mengomentari orang lain tanpa mencantumkan referensi nya. Ini bisa dikategorikan dalam beberapa hal.

Bisa saja misalnya skripsi plagiat secara keseluruhan atau sebagian seperti ini paling banyak terjadi di mahasiswa kita saya tidak tahu apa alasannya kenapa mahasiswa itu. Padahal sebenarnya untuk menghindari. Anda dikatakan sebagai plagiat, anda cukup mencantumkan referensi ataupun daripada tulisan anda itu sesuatu hal yang tidak merugikan kita. Tapi memang sekali lagi, faktanya banyak mahasiswa yang melakukan tindakan plagiarisme ini.

Ini merupakan salah satu kecerobohan dalam bidang akademik. Makanya hati-hati dengan melakukan tindakan plagiat bisa menjadi sarjana nggak tahu ke depannya kita akan seperti apa. Bisa saja menjadi seorang pejabat menjadi, seorang birokrat, bisa saja menjadi seorang politikus yang memang berpengaruh di negara ini.

Jangan hanya gara-gara sedikit semakin tinggi pohon semakin kencang anginnya mau mencalonkan menjadi legislatif lawan politik Anda membongkar ini. Maka itu akan menurunkan ataupun mencoreng nama baik anda.

Kalau misalnya anda melakukan tindakan plagiasi yang memang sangat sangat luar biasa maka bisa saja Universitas mencabut gelar yang sudah diberikan. Itu sudah terjadi di beberapa kampus karena ketika seseorang alumni itu di kemudian hari ketahuan melakukan plagiat. Yang memang luar biasa plagiatnya 54 halaman itu tidak masalah tapi kalau misalnya anda sudah memperhatikan mayoritas daripada isi yang sangat berbahaya bagi anda.

5. Jangan Sebut Nama Pacar di Kata Pengantar Skripsi

Yang kelima. Yang Terakhir tapi dampaknya sangat besar teman-teman. Apa itu? Jangan pernah memasukkan nama pacar anda di dalam kata pengantar skripsi. Mahasiswa itu kan selalu memasukkan nama-nama orang yang berpengaruh besar di dalam proses pembuatan skripsi. Yang teman-teman satu kos ya teman-teman seperjuangan termasuk juga yang utama itu adalah nama orang tua ataupun keluarga. Adik-kakak dan segala macam.

Selanjutnya yang tidak pernah atau jarang lupa dari seorang mahasiswa ketika menulis skripsi adalah menulis kata pengantar skripsi ini tidak perlu memasukkan nama pacar. Yang namanya skripsi teman-teman itu adalah prasasti itu akan anda gunakan dalam pekerjaan. Akan anda simpan seumur hidup anda. Karena saya saja misalnya yang sudah sekitar 15 tahun selesai kuliah. Simpan dan beberapa waktu ternyata anda masukkan nama pacar Anda ke dalam skripsi and, kemudian ternyata dia tidak menjadi istri anda. Di kemudian hari ketika anda simpan. Kan tadi saya katakan ini merupakan prasasti seumur hidup jadi harus anda simpan ketika skripsi anda itu dibaca oleh istri anda. Itukan akan berpengaruh kepada psikologis dia bagaimanapun dia akan merasa cemburu.

Jadi sebaiknya jangan dimasukkan nama pacar ke dalam skripsi cukup masukkan saja nama orang tua nama saudara-saudara nama teman-teman yang dekat dan juga namanya rasa itu saja. Nah itu yang harus dihindari atau tidak boleh anda lakukan di dalam menulis skripsi

Posting Komentar

0 Komentar