Disavow Links Untuk Menurunkan Spam Score Blog/Website

Disavow Links Untuk Menurunkan Spam Score Blog
Gambar: digitalify.pk

One Click - Memiliki blog atau website yang bersih tanpa spam score tinggi adalah impian banyak blogger. Spam Score (SS) dalam situs mempunyai pengaruh agar mudah menguasai search engine dengan menempati page one.


Penyebab spam score tinggi dapat berasal dari backlink yang dibuat secara manual. Yang berarti saingan anda di dunia blogger bisa saja menyerang blog anda dengan membuat backlink dari situs merah berspam score tinggi. Atau mungkin juga blog kamu yang dideteksi memiliki konten berulang (mengandung banyak plagiasi).


Sebaliknya jika blog kita spam scorenya rendah, maka peluang untuk mendapatkan bejibun pengunjung lebih besar. Mesin pencari menyukai blog dengan nilai SS rendah. Karenanya artikel ini saya rilis supaya temen-temen semua bisa mengatasi spam score tinggi di blognya. Yuk langsung saja..


Sebelum menurunkan spam score blog, baiknya periksa dulu berapa nilai SS di blog kamu pada beberapa situs pemeriksa SS. Boleh di xeo.my.id, boleh di websiteseochecker.com, atau di platform analisis website lainnya. Bila diketahui spam score ternyata merah, biasanya angka spam score 11%, 17%, atau ke atas sudah dikatakan merah. Kalau begitu, maka silahkan temen-temen ikuti tips dan trik di bawah ini:


Pertama: Ketahui Sumber Backlink Penyebab Spam Score Ngelunjak

SS yang meroket bisa dilihat dengan menggunakan layanan di atas tadi. Tapi saya rekomendasikan untuk memeriksa di https://xeo.my.id/spamscore.cgi. Ketikkan url domain blog kamu di kolomnya, lalu klik Cek Domain. Di sana kita akan bisa tahu sumber backlink dari situs yang memiliki spam score tinggi yang berpotensi memengaruhi spam score situs kita juga.


Setelah itu, akan ketahuan darimana saja bad backlink yang mengarah ke blog kita. Baru, kita lakukan penolakan link dengan prosedur yang disarankan oleh google. Prosedurnya bisa dibaca di halaman ini https://support.google.com/webmasters/answer/2648487?hl=id 


Kedua: Buka Aplikasi Notepad

Setelah notepad terbuka, lalu pastekan kode berikut ini:

#domain yang akan ditolak
domain:clix24h.com
domain:flyingfish.nl
domain:encoreplustv.com
domain:trener1c.ru
domain:muabanquangbinh.com


Kemudian ganti alamat domain yang berwarna merah di atas dengan sumber backlink buruk. Selanjutnya simpan dengan format txt encoding UTF-8. Boleh ditambah dan dikurang dengan format penulisan yang tidak berubah.


Ketiga: Menolak Link Ke Situs Anda

Setelah notepad tersimpan dengan nama sesuai keinginan, maka berikutnya kirim melalui layanan Search Console - Menyangkal Tautan.


Klik di https://search.google.com/search-console/disavow-links, lalu pilih properti domain yang akan diturunkan spam scorenya. Kemudian klik Upload daftar yang ditolak. Selanjutnya Upload file notepad yang kita simpan tadi.


Tentu saja sebelum melakukan langkah pertama sampai akhir ini, pastikan blog anda telah terdaftar di Google Search Console. Setelah selesai semua tahapan ini dilakukan, kita tinggal menunggu paling tidak selama dua minggu untuk mengetahui hasilnya. Akan tetapi lebih baik setiap hari lakukan pemeriksaan spam score.


Sekian kira-kira artikel singkat ini saya tulis untuk agan blogger pemula yang ingin fokus dan serius menekuni dunia blogging. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama