Syarat Monetasi Situs Blog Wajib Minimal 1000 Page Views Perhari?

Syarat Monetasi Situs Blog Wajib Minimal 1000 Page Views Perhari

Monetasi situs blog memang tidak sama dengan monetasi vlog. Blog adalah website log yaitu situs yang berisi konten artikel atau tulisan. Sementara vlog adalah video log tak lain merupakan situs yang isinya konten video. Dari arti blog dan vlog saja sudah beda. Tentu kualitas monetasinya beda juga. Logika sih.


Jadi postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman. Dimana beberapa minggu yang lalu saya mendapati postingan di grup blogger tentang kebijakan google adsense untuk syarat monetasi blog di Google Adsense. Isinya seperti gambar di atas.


Starting in November we will apply a minimum blog monetization requirements of 1000 visitors per day.


Terjemahannya kira-kira seperti ini: 

Mulai November tahun ini kami akan memberlakukan syarat minimal blog yang dimonetasi. Yaitu 1000 kunjungan per hari.


Dapatlah dilihat dari gambar tersebut. Postingan itu ingin menyampaikan pesan bahwa Google Adsense akan mengeluarkan kebijakan baru tentang syarat minimal pageviews atau kunjungan website untuk monetasi. Yaitu minimal 1000 penayangan atau pageviews perharinya. Kebijakan syarat monetasi berlaku bulan November 2021. Ya, sekilas memang sepertinya serius.


Pertama kali melihat postingan itu, terus terang saya kaget. Saya jadi de javu ke pengalaman monetasi channel youtube saya pada 2015 lalu. Begitu muncul kebijakan minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang pada 2017, channel youtube saya langsung dismonetasi karena dianggap tak lagi memenuhi syarat. Dan postingan di grup blogger di atas tadi saya jantungan dong. Jangan-jangan nanti blog saya ini dismonet karena dianggap tak memenuhi syarat. Ya memang sampai sekarang blog ini sendiri belum tercapai 1000 kunjungan perhari.


Usut punya usut, setelah saya sharing ke grup blogger lain, ternyata postingan di atas tadi keliru alias hoax. Jadi entah bagaimana ceritanya si TS bisa-bisanya membuat postingan seperti itu di grup. Saya pun barusan melakukan investigasi kelas teri. Dan benar saja, di akun twitter resmi Google Adsense tidak tweet seperti postingan grup tadi. Di bawah ini sudah saya sertakan screenshot akun twitter resmi Google Adsense pada tanggal 5 sampai 10 Agustus 2021.


Syarat Monetasi Situs Blog Wajib Minimal 1000 Page Views Perhari

Syarat Monetasi Situs Blog Wajib Minimal 1000 Page Views Perhari


Sementara jika dilihat dari postingan grup yang isinya screenshot tweet resmi Google Adsense pada tanggal 6 Agustus 2021. Setelah ditelusuri, nyatanya tidak ada update tentang kebijakan monetasi blog. Maka dapat disimpulkan bahwa postingan grup seperti gambar paling atas adalah hoax alias tidak benar. Motivasinya bisa saja mematahkan semangat blogger newbie seperti saya agar ke depan dunia blogger sepi pesaing wkwkwk.


So be a smart blogger, om.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama